Kodim 0311 pesisir selatan-pemuda tanam pohon bakau

elshinta.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0311 Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bekerjasama dengan Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak melakukan penanaman pohon mangrove (kayu bakau) di kawasan Pantai Muara Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera, kabupaten setempat.

“Untuk menanam kayu bakau ini kita mengerahkan sebanyak seratus personil. Kayu bakau yang kita tanam bersama pemuda sebanyak 2,5 ribu batang. Kita yakin tanaman mangrove ini nantinya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya yang menggantungkan hidup dari menangkap ikan di kawasan ini, ” kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 0311 Pesisir Selatan Letnan Kolonel (Letkol) Infantri Joko Maryanto di Painan, Rabu (4/11).

Penanaman kayu bakau tersebut sebagai bentuk dukungan Kodim 0311 Pesisir Selatan terhadap upaya pemuda yang tergabung dalam Laskar Pemuda Peduli Amping Parak untuk melestarikan lingkungannya dengan melakukan penghijauan pantai.

Menurut dia, penanaman kayu bakau itu merupakan kegiatan Kodim 0311 dalam operasi militer non perang yang melibatkan masyarakat. Kegiatan itu bermanfaat untuk upaya pertahanan masyarakat dari berbagai ancaman bencana yang datang dari laut.

“Selain untuk menahan abrasi, hutan bakau ini juga bermanfaat untuk tempat keberlangsungan hidup dan berkembangnya berbagai jenis ikan yang pada akhirnya bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutaman nelayan,” katanya.

Selain anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), kegiatan itu juga melibatkan seluruh Persitkartika atau istri TNI yang bertugas di Kodim 0311 Pesisir Selatan, Dinas Kelautan dan Perikanan setempat serta perangkat Pemerintah Nagari (pemerintah desa).

Pada kesempatan yang sama Kodim 0311 Pesisir Selatan juga mengundang siswa sekolah lanjutan atas SLTA di Kecamatan Sutera untuk turut melakukan penanaman mangrove. Hal tersebut sebagai bentuk pendidikan di luar sekolah bagi siswa SLTA.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pesisir Selatan Yozky Wandri mengatakan, sebelumnya Laskar Pemuda Amping Parak Peduli Lingkungan juga telah melakukan penanaman pohon yakni cemara laut di kawasan Pantai Amping Parak.

Luas pantai yang ditanam di kawasan itu 1,7 hektare dan jumlah pohon sebanyak 2,5 ribu batang. Program penghijauan pantai tersebut bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) 2015.

Khusus untuk Kawasan Pantai Amping Parak, dari dana tersebut akan ditanam sebanyak 27.500 bibit vegetasi pantai yang terdiri dari cemara laut dan kayau bakau.

“Kita meminta seluruh warga untuk ikut menjaga tanaman ini sehingga nantinya bermanfaat bagi kita semua. Sekiranya pohon ini hidup dan tumbuh banyak manfaat yang dapat diperoleh, salah satunya penghalang abrasi pantai, ” katanya. (Ant)

Berita Sebelumnya