Kodim 0311 Menggelar Tanam Padi Serentak

harianhaluan – Letkol Inf Joko Ma­ryanto mengatakan, pola tanam se­rentak ini  dilakukan un­tuk me­nekan terjadi serangan hama perusak tanaman yang bisa menyebabkan gagalnya hasil produksi. Kegiatan yang diikuti oleh Koramil se-Pes­sel itu juga dilaksanakan untuk memotivasi ma­sya­rakat petani untuk bisa ber­buat yang sa­ma  da­lam  men­dorong per­­­tum­buhan perekonomian ma­­syarakat lebih baik lagi pada masa mendatang.

“Pola tanam padi se­rentak ini merupakan wujud kerj­a­sama  TNI AD de­ngan pe­merintah pu­sat gu­na menuju swa­sem­bada pa­ngan tiga ta­hun kedepan. Ke­mudian, se­bagai ben­tuk kepe­dulian  TNI un­tuk mengawal pe­ningkatan hasil pertanian di Ka­bu­paten Pesisir Selatan da­lam rang­ka  meningkatkan Swa­sembada Pangan Na­sional yang dilakukan secara se­lektif dan analisa secara matang untuk mencapai hasil produksi yang mak­simal,” ujarnya.

Menurut Letkol Inf Joko Maryanto, dalam mencapai program swasembada pa­ngan, ada peningkatan in­deks penanaman dengan target yang harus dicapai. Dalam pencapaian tersebut perlu pematangan rencana aksi, terutama yang me­libatkan unsur TNI dalam mewujudkan swasembada pangan. Kepada masyarakat petani, ia menganjurkan untuk menggunakan sistem tanam jajar legowo.

Ia mengharapkan pe­nanaman padi  serentak dapat meningkatkan pro­duktifitas lahan dan tenaga kerja, mempercepat dan me­ngefisienkan proses serta menekan biaya produksi da­lam meningkatkan pen­dapa­tan masyarakat da­lam mewu­judkan ke­sejah­teraan petani.

“Pada awal tahun 2015, TNI bersama masyarakat melaksanakan pen­can­a­ngan penanaman padi de­ngan pola organik di Kam­pung Kapencong, Ke­na­garian Kapelgam, Ke­ca­matan Bayang Pes­sel  de­ngan hasil produksi cu­kup meng­gembirakan, yak­­ni 7 ton per hectare. Pola organik ini di­lanjutkan di Kenagarian Lubuk Agung dengan luas lahan 1,5 hek­tare dengan harapan hasil panen nan­tinya bisa men­capai 15-20 ton,” tuturnya.

Sementara itu, Wa­lina­gari Balai Sinayan Lum­po, Dar­malis mengatakan, ma­sya­rakat petani di dae­rahnya menyambut positif pola ta­nam padi serentak yang di­gelar  oleh Kodim 0311 Pes­sel. Kegiatan itu menjadi sa­lah satu  cara untuk me­mo­tivasi ma­sya­ra­kat me­ne­rap­kan pola tanam yang baik dalam memafaatkan lahan yang ada sebagai sum­ber ekonomi masyarakat. (h/mjn)

Berita Sebelumnya