Dorong Swasembada Pangan, Personel Kodim 0311/Pessel Tanam Padi di Lokasi Sawah TMMD ke 97

Sejumlah personel TNI di Kampung Tanjung Kandis, Kenagarian Tigo Taluak Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar bercocok tanam padi di sawah tadah hujan, Kamis 22 September 2016. Kegiatan ini dilakukan untuk menggenjot semangat petani dalam meningkat swasembada pangan di daerah tersebut.

Koordinator Pertanian Tanam Padi Serentak, Kodim 0311 Pessel, Sertu Rayendra menyebutkan upaya bercocok tanam di lahan yang hanya mengandalkan air hujan sebagai sumber air ini tujuan untuk mendongkrak semangat petani agar turun ke sawah. Ini dilakukan agar petani bergeliat meski kondisi sawah petani belum mendapatkan pasokan air yang cukup.

“Penanaman padi di daerah ini memang kendalanya irigasi dan sumber air yang belum ada,” ujar Sertu Rayendra.

Dia menjelaskan penanaman padi ini merupakan kegiatan rutin Kodim 0311 Pessel dalam mensosialisasikan tanam padi serentak di daerah tersebut. Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan tanam padi serentak di daerah itu, Kodim 0311 Pessel akan memantau pertumbuhan padi warga sampai masa panen.

“Setelah pengolahan sawah selama 14 hari sebelumnya, dan siap tanam padi ini. Kita terus memantau selama 105 hari sampai panen sekitar tiga bulan lama,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *