Sosialisasi tentang deteksi dini kanker servix dan pemeriksaan IVA/PAP SMEAR kepada Anggota Persit Kodim 0311/Pessel

 

Pelaksanaan Sosialisasi tentang deteksi dini kanker servix dan pemeriksaan IVA/PAP SMEAR bagi anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang Kodim 0311/Pessel di Aula Makodim 0311/Pessel. Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXV Kodim 0311/Pessel sebanyak kurang lebih 100 orang dan Kepala BPJS Painan Sdri. Santi Setiawati SKM serta Tim pemeriksa dari Laboratorium Prodia Padang (Widya Oktriyomi Amd. Kep). Tujuan di adakannya kegiatan sosialisasi deteksi dini kanker servix dan pemeriksaan IVA/PAP SMEAR pada para anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXV Kodim 0311/Pessel agar bisa mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

Seperti diketahui, kanker leher rahim adalah jenis kanker kedua setelah kanker payudara yang paling sering terjadi pada perempuan di Indonesia. Kanker leher rahim merupakan salah satu kanker yang dapat diketahui sejak dini pada keadaan lesi pra kanker.

Penyebab kanker leher rahim adalah infeksi dari Human Papiloma Virus (HPV) tipe 16 dan 18. Salah satu cara mencegah kanker leher rahim yakni dengan cara skrining atau penapisan untuk mengetahui telah terjadi infeksi atau tidak dengan jalan IVA/PAP SMEAR.
“Melalui kegiatan ini, diharapkan para wanita tidak hanya tergerak secara mandiri dan sukarela melakukan deteksi dini, tapi juga menjadikan dekteksi dini menjadi kebutuhan sehingga dapat mengambil langkah tepat untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan”, ujar Pasi Ter Kodim 0311/Pessel Kapten Inf Rudi Saragih

Pasiter Kodim 0311/Pessel juga berharap kegiatan pencegahan dan pengendalian kanker mulut rahim melalui metode IVA/PAP SMEAR dan deteksi dini penyakit kanker dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama Anggota Persit.

Berita Sebelumnya