BEKALI PARA PETANI BABINSA KODIM 0311/PESSEL GELAR PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

IMG_20180327_125313

 

Bayang, — Guna membantu para petani di wilayah binaannya, dalam merubah pola pertanian yang selama ini masih bergantung pada pupuk kimia agar lebih memilih menggunakan pupuk organik serta untuk meningkatkan hasil pertanianya.
Terkait hal tersebut,
Babinsa Koramil 06/Bayang Kodim 0311/Pessel Sertu RayendraI yang merupakan Babinsa yang sangat aktif dibidang pertanian, yang juga sudah mengikuti berbagai macam pelatihan pembuatan pupuk organik.
bertempat di Nagari Pulut-pulut Bayang utara pada Selasa (27/3/2018).
Kegiatan yang di ikuti sekitar 100 orang peserta ini juga dihadiri oleh Camat Bayang Utara Ronal Bernando, Danramil 06/Bayang Kapten Inf Warsidi,UPTD Pertanian Bayu, Wali Nagari Se-Bayu Beserta perangkat nagari.

Camat Bayu Ronald Bernando sangat mengapresiasi kegiatan ini,semoga kedepan masyarakat Bayu dapat meningkat hasil pertanianya.

“Mari kita ikuti sosialisasi ini dengan seksama agar dapat diserap serta dipraktekan dilahan pertanian masing-masing, “ajaknya”

Sementara itu, Sertu Rayendra menyebutkan,dengan dilakukan penyuluhan pertanian dan cara pembuatan pupuk organik ini, diharapkan dapat memaksimalkan dan meningkatkan produktivitas tanaman, serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kecamatan Bayang Utara .
“Semoga apa yang telah di pelajari ini dapat bermanfaat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Bayu dan sekitarnya, “pungkasnya.

Selain itu Sertu Rayendra juga menyebutkan,ada tiga jenis pupuk organik yang kita butuhkan dalam mengolah lahan pertanian seperti pembuatan ramuan organik hama (Roma), ramuan organik ternak (Roter) dan ramuan organik tanaman (Rotan),”
Ramuan-ramuan tersebut memiliki kegunaannya masing-masing diantaranya Roma memiliki kegunaan untuk membunuh ulat, wereng, walangsangit dan kupu kupu perusak tanaman. Kemudian Rotan untuk menyuburkan tanah yang kurang subur. Sedangkan Roter cocok untuk penggemukan sapi atau kambing.
“Setiap ramuan ini, memiliki kegunaannya masing-masing, yang sangat menguntungkan para petani kita dalam memajukan pertanian dan peternakan kita,” tutupnya”.
(Pendim0311/Pessel)

Berita Sebelumnya