Tanam Sejuta Pohon Dandim 0311/Pessel: Uoaya Kita Cegah Mitigasi Dan Abrasi Pantai


Painan,— Kodim 0311/Pessel bekerja sama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kab.Pessel lakukan penanaman sejuta pohon di pantai sago kec IV Jurai Painan,pada Sabtu ( 30/3).

Kegiatan yang diawali dengan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Dandim 0311/Pessel Letkol Kav Edwin Dwiguspana,M.Tr (Han) dihadiri oleh ratusan tau mungkin bahkan seribuan orang ini lebih.

Dalam Sambutanya ya Dandim 0311/Pessel mengungkapkan,kegiatan penanaman sejuta pohon ini merupakan suatu upaya untuk mencegah mitigasi serta abrasi pantai.

“Mengingat kabupaten Pessel sebagian besar wilayahnya berada dipinggir pantai,yang setiap saat bencana abrasi pantai sewaktu-waktu bisa terjadi,dan dengan cara penanaman pohon inilah paling tidak kita sudah berupaya untuk menahanya,”sebut Dandim 0311/Pessel”.

Selain itu,ia juga menambahkan penanaman ini akan dilakukan disepanjang pantai di wilayah kabupaten Pessel.

“Setidaknya kita punya 250.000 batang pohon yang akan kita tanam disepanjang pantai kita(Pessel),namun akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan,”ungkapnya”.

Selain itu,Dandim 0311/Pessel menghimbau kepada masyarakat agar turut menjaga dan merawat tanaman yang sudah ditanam.

“Setelah ditanam minyak bantuan juga dari masyarakat agar turut menjaga dan merawatnya,agar tetap hidup salah satu cara dengan menyiramnya agar tidak mati,supaya tidak menjadi sia-sia,”tutupnya”.

Kegiatan juga dihadiri oleh asisten satu Muskamal yang mewakili Bupati,serta seluruh kepala OPD kabupaten pesisir selatan.kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh forkopimda,dan penanaman secara bersama oleh personil yang hadir.
(Pendim 0311/Pessel)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *