Kodim 0311/Pessel Terus Mengembangkan Pemamfaatan Dekomposer Bios 44

Painan,— Saat ini Kodim 0311/Pessel melakukan uji coba Bios 44 di kolam budidaya ikan di Wilayah Kodim 0311/Pesseel dan mencari kolam  yang produktif, karena formula Bios 44 ini bisa membantu perikanan yang lebih baik.

 

Pasiter Kodim 0311/Pessel Kapten Inf Rudi Saragih mengatakan Kodim saat ini sedang melakukan pengujian Bios 44 di air untuk memperbaiki kualitas kadar air ataupun pH air tersebut.

 

“ Kodim 0311/Pessel terdapat 3 kolam besar, Sekarang yang sedang kita uji yakni mengubah pH air kolam, Ini dilakukan agar kolam ikan bisa lebih produktif lagi dalam menghasilkan ikan,” jelasnya.

 

Selain itu, Bios 44 ini juga dapat dijadikan untuk pakan ternak, seperti pakan ayam, sapi dan lainnya. “Ini bisa juga dikombain dengan pakan ternak, dalam bentuk campuran ke pakan ternak,” terangnya

Komposisi Bios 44 harus disesuaikan dengan luas kolam. “Dilihat pH-nya dulu, sehingga kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan kolam. Paling tidak perbandingannya 1:10,” jelasnya.

 

Kendala yang dihadapi dalam mengolah kolam ikan tersebut yakni soal kadar pH-nya yang selalu berubah-ubah. “Kendala kita saat ini mengenai air. kadar air di kolam ini selalu berubah-ubah tanpa sepengetahuan kita,” jelasnya.

 

Dengan adanya Bios 44 tersebut, dapat memperbaiki pH dikolam ikan yang dikelolanya. “Kita harapkan Bios 44 ini bisa menstabilkan kadar pH air, sehingga produksi kita pun meningkat,” tukasnya.(Pendim 0311/Pessel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *