Tiga Sungai Meluap Dilunang Babinsa Koramil 01/Pc Soal Cek Warga Binaan

PESSEL – Curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi dari siang hingga sore hari pada, jum’at (17/01/2020). Tepatnya di kampung Kumbung Gedang, Nagari Pondok Parian, Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Hingga meluapnya tiga sungai yang berada di nagari tersebut, Sungai Sirah, Sungai Kumbung, dan Sungai Kasai.

 

Dalam musibah itu lebih 300 Ha, lahan pertanian sawah terendam banjir, sehingga berkemungkinan masyarakat gagal panen.

 

Mendapat laporan dari warganya Serma Icon selaku babinsa dinagari tersebut bersama Mulyadi wali nagari pondok parian dan saudara adi wali kampung kumbung langsung mengecek kelokasi.

 

Serma Icon mengungkapkan, banjir yang terjadi diwilayah binaanya itu diakibatkan oleh luapan tiga sungai yang berada disekitar nagari pondok parian.

“Akibat curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan terjadi luapan air ditiga sungai yang berada dekat dengan nagari kami,seperti sungai sirah,sungai kumbung, dan sungai kasai,”ungkapnya”.

Dirinya juga menambahkan akibat luapan air tersebut banyak areal pertanian warga yang terendam banjir.

“Kalo kita amati ada sekitar 300 hektar lahan pertanian warga yang terendam banjir,sehingga dapat berdampak pada hasil panen masyarakat,”tuturnya”.

 

Selain itu,ia juga meminta kepada seluruh masyarakat nagari pondok parian agar tetap waspada dengan kejadian ini dan agar menjauhi lokasi banjir.

“Kita juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dan waspada,apabila curah hujan semakin tinggi dan banjirnya bertambah agar segera menyelamatkan diri ketempat yang aman,”tambahnya”.
(Pendim 0311/Pessel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *