Anggota Kodim 0311/Pessel Ikuti Rapat Koordinasi Paskibraka

Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Pessel memantapkan persiapan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada upacara 17 Agustus nanti. Bersama perwakilan dari Kodim 0311/Pessel, Polres Pessel dan Dinas Kesehatan, rapat koordinasi terkait kesiapan pelaksanaan rekrutmen dan seleksi Paskibraka tingkat Kab. Pessel pada Kamis (28-04-2016).

Rekrutmen anggota Paskibraka mulai dari tingkat sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi dan berlanjut ke Nasional. Khusus Paskibraka tingkat Provinsi direkrut dan diseleksi dari tingkat Kabupaten/Kota.
Menurut Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Kab. Pessel, seleksi Paskibraka merupakan pemilihan siswa-siswi SLTA sederajat yang masih duduk di kelas XI saat tugas mengibarkan bendera pusaka. Mereka yang terpilih akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih pada peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Negera Kesatuan Republik Indonesia. “Seseorang yang akan menjadi Paskibraka harus mengikuti tahapan seleksi ketat,” katanya.

Tingkatan seleksi juga akan menentukan jenjang para calon untuk bertugas sebagai Paskibraka di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. Para calon Paskibraka harus memenuhi syarat, di antaranya saat seleksi masih duduk di kelas X SLTA sederajat. Saat penugasan pengibaran dan penurunan bendera duduk di kelas XI. Para calon juga harus lulus seleksi sesuai dengan jenjang seleksi, bersedia mengikuti pemusatan latihan dan terpenting memiliki prestasi akademik. “Tidak hanya fisik. Tim seleksi juga akan menilai dari prestasi akademik calon Paskibraka,” jelasnya.

Dalam melaksanakan rekrutmen dan seleksi Paskibraka tingkat Kab. Pessel, Dinas Pemuda dan Olahraga telah membentuk tim seleksi yang berwenang menentukan kelulusan atau tidaknya peserta. Tim penilai adalah orang yang berkemampuan dan berpengalaman untuk setiap materi seleksi yang akan diiujikan.

Tim penenilai akan melibatkan Kodim 0311/Pessel, Polres Pessel, Tenaga Medis, dan lembaga lain.
Khusus seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB), tim seleksi hanya melibatkan tim dari Kodim 0311/Pessel dan Polres Pessel sebagai pelaksana sesuai Surat Keputusan Pangab Nomor 611/X/1985 tentang PBB. Untuk seleksi lainnya, tim berkompeten lainnya yang melaksanakannya sesuai kriteria. Antara lain menguasai materi seleksi, berpengalaman pada bidangnya dan independen. “Tim seleksi yang kami bentuk akan bertugas sesuai bidangnya dan independen,” ungkapnya.

Dinas pemuda dan olahraga telah melaksanakan proses persiapan, meliputi sarana dan prasarana, serta perlengkapan seleksi yang dibutuhkan. Setelah melalui sejumlah tahapan tes yang dilaksanakan secara ketat dan independen, tim seleksi akan menetapkan calon yang dinyatakan lolos seleksi untuk menjadi Paskibraka tingkat Kab.Pessel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *